Lupa EFIN, Berikut Cara Mengatasinya

Lupa EFIN, Berikut Cara Mengatasinya

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan saat ini memberikan banyak sekali kemudahan bagi semua masyarakat wajib pajak yang ingin melaporkan Surat Pemberitahuan SPT Tahunan pajak.

Pelaporan pajak tahunan dapat dilakukan melalui 4 cara, yakni cara manual dengan pergi melapor ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP), dikirim via pos ke KPP, dikirm via ekspedisi selain pos ke KPP atau melaporkan via online di website yang sudah disetujui DJP smconsult. Jika yang Anda pilih, adalah pelaporan via online, maka yang Anda butuhkan adalah Electronic Filing Identification Number (EFIN) atau identitas yang telah diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk WP yang ingin lapor SPT via online.

Mengajukan EFIN itu tidak sulit sama sekali kok, wajib pajak hanya perlu membawa Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) ke kantor pajak, di sana sudah ada counternya sendiri, jadi tidak mungkin mengalami kesulitan. Setelah wajib pajak berhasil mendapatkan EFIN, maka wajib pajak sudah dapat melaporkan pajaknya secara online. Cara pengisiannya pun tidak sulit, cukup dengan memindahkan bukti potong langsung ke formulir yang sudah tersedia di website.

Bila masyarakat yang telah memiliki EFIN namun lupa, maka Robert mengimbau untuk tidak perlu merasa cemas, karena dapat diminta lagi EFIN melalui kanal twitter atau live chat di pajak.go.id. Pemberian informasi lewat Twitter atau live chat dan telepon hanya bisa dilakukan selama jam operasional saja, dimana jam operasional dari Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan Direktorat Jenderal Pajak yakni Senin-Jumat, mulai pukul 08.00-16.00.

Direktorat Jenderal Pajak terus menghimbau masyarkat untuk melaporkan SPT Tahunan pajak dengan memanfaatkan segala fasilitas yang tersedia, baik melalui KPP atau secara online yang bisa dilakukan dari system DJP Online di halaman djponline.pajak.go.id. Mengapa demikian? Mengingat batas waktu penyampaian SPT Tahunan adalah 31 Maret 2018, bagi wajib pajak pribadi serta 30 April 2018 bagi Wajib pajak badan. Pelaporan pajak yang dilakukan sebelum batas waktu jauh lebih baik karena bisa menghindari kemungkinan terjadinya server overload maupun gangguan teknis di jaringan internet sehingga WP terhindar dari risiko keterlambatan melaporkan pajak.

Leave a Reply